35. Tinjauan hukum Islam terhadap praktek sewa-menyewa tanah bengkok

ABSTRAK
Sewa menyewa termasuk dalam hukum perikatan, karena dalam hukum sewa menyewa minimal terdapat dua pihak yang mengadakan perjanjian, satu pihak menyatakan kesanggupan untuk memberikan sesuatu dan pihak lainya mengikatkan diri dalam suatu kesepakatan untuk saling membantu memenuhi kebutuhanya masing-masing. Begitu juga dengan kebiasaan yang berlaku pada masyarakat  Danasari  Pemalang,  Mereka  sering  mengadakan  tansaksi  sewa menyewa tanah dan yang paling laris dan banyak peminatnya adalah sewa menyewa tanah bengkok. Bertolak dari pembahasan tersebut pokok masalah yang akan dibahas meliputi bagaimana praktek sewa menyewa tanh bengkok di Danasari Pemalang dan apakah alasan-alasan yang melatar belakangi  sewa menyewa tersebut, bagaimana tinjauan hukum  Islam terhadap praktek sewa menyewa tanah tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah non doktrinal yaitu penelitian yang berupa studi- studi empiris untuk menemukan teori-teori mengenai proses terjadinya dan mengenai proses bekerjanya hukum  didalam  masyarakat.  Untuk  teknik  penggunaan  data  meliputi  interview. Dalam pembahasan skripsi ini dalam menganalisa menggunakan metode induktif yaitu menganalisa ketentuan-ketentuan khusus yang berlaku (teks nakli dan aqli) kemudian dihubungkan dengan kepentingan dan kenyataan dimasyarakat dari segi ekonomi dan sosial budaya.
Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sewa menyewa tanah bengkok di Desa Danasari merupakan praktek berdasarkan adat dan berlangsung secara turun temurun dan tetap dipertahankan masyarakat. Mulanya Perangkat Desa non aktif tesebut tidak mau memberikan ganti rugi karena dianggap penyewa sudah memperoleh untung yang lebih besar dari uang yang dikeluarkan untuk menyewa tanah bengkok tersebut. Tetapi perjanjian haruslah di tepati. Hal ini bertentangan dengan prinsip keadilan dalam Islam, dan ini termasuk kategori memakan harta orang lain secara bathil.

Kata Kunci: sewa menyewa, tanah bengkok, hokum Islam. 


35. Tinjauan hukum Islam terhadap praktek sewa-menyewa tanah bengkok adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 35. Tinjauan hukum Islam terhadap praktek sewa-menyewa tanah bengkok




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



35. Tinjauan hukum Islam terhadap praktek sewa-menyewa tanah bengkok


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "35. Tinjauan hukum Islam terhadap praktek sewa-menyewa tanah bengkok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi