29. Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli motor kredit macet

ABSTRAK
Pada era perekonomian seperti sekarang ini, masyarakat membutuhkan kendaraan untuk mempercepat dan memepermudah mobilitas. Salah satunya adalah sepeda motor yang tergolong lebih terjangkau dibanding kendaraan bermotor lain. Di lain pihak, ada perusahaan atau dealer yang menginginkan produknya (motor) dapat terjual kepada masyarakat dengan mendapatkan keuntungan. Dari sini muncul banyak sekali usaha- usaha atau transaksi jual beli dengan cara kredit. Namun, pelaksanaan kredit tidak selamanya berjalan lancar dikarenakan adanya pelanggaran perjanjian oleh debitur. Sehingga banyak sekali bermunculan praktik jual beli motor bodongan. Seperti halnya yang terjadi pada masyarakat di Desa Jragung. Yang menjadi permasalahan    penelitian adalah bagaimana pandangan Islam terhadap    praktik jual  beli  motor  kredit  macet  di  Desa  Jragung tersebut.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian  lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan  dengan  metode  wawancara  terhadap  6  informan (5 pembeli dan 1 makelar), dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk  menganalasis  data  yang telah  terkumpul,  peneliti menggunakan teknik normatif empiris dengan melihat suatu kenyataan hukum di masyarakat serta aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli motor kredit macet di Desa Jragung melanggar Undang- Undang pidana atas pelanggaran penggelapan barang bagi penjual (debitur) dan makelar, serta pelanggaran penadahan bagi pembeli. Sedangkan menurut pandangan hukum Islam, jual beli motor kredit macet tidak diperbolehkan. karena barang yang diperjualbelikan (motor) adalah barang yang tidak dimiliki secara sempurna oleh pihak penjual, melainkan masih berada di bawah kepemilikan perusahaan leasing.

Kata kunci : jual-beli, kredit macet, hak milik 


29. Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli motor kredit macet adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 29. Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli motor kredit macet




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



29. Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli motor kredit macet


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "29. Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli motor kredit macet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi