25. Tinjauan hukum Islam terhadap budidaya dan jual beli cacing

ABSTRAK
Fatwa DSN MUI Nomor: Kep-139/MUI/IV/2000 Tentang Makan dan Budidaya  Cacing  dan Jangkrik  menyebutkan  bahwa  cacing  merupakan  al- Hasyarat dan  membudidayakan cacing untuk diambil manfaatnya,  tidak  untuk dimakan, tidak bertentangan dengan hukum Islam, dan tidak untuk diperjualbelikan, maka hukum membudidayakan cacing tersebut adalah boleh (mubah).  Akan  tetapi sebagian  kecil  masyarakat  di  Desa  Wonolopo  memilih untuk membudidayakan cacing yang kemudian didistribusikan dengan akad jual beli dan nantinya dimanfaatkan oleh pembeli untuk dijadikan kosmetik, dan obat.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan tentang bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktek budidaya cacing di Desa Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang?, serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli cacing di desa tersebut?.
Penelitian ini adalah jenis penelitian Field Research dan termasuk penelitian   hukum normatif-empiris.   Pengumpulan   data   dilakukan   dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan oleh penulis  adalah  deskriptif  analisis  dengan  pendekatan kualitatif, serta menggunakan pola pikir deduktif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hukum budidaya cacing yang dikaji melalui pendekatan kaidah al-ashlu fi al-manafi al-ibahah, maslahah mursalah dan maqasid syari’ah, hukumnya adalah halal (mubah). Selanjutnya, praktek jual beli cacing telah memenuhi semua rukun dan syarat sahnya jual beli. Para peternak menggunakan ampas aren sebagi media, dan tidak memberi makan cacing dengan kotoran, maka ia tidak tergolong jallalah (pemakan najis) ataupun khobaits (kotor), sehingga tidak najis, selain itu cacing ini juga memiliki banyak manfaat. Jadi dapat dikatakan cacing-cacing tersebut telah memenuhi syarat menjadi objek jual beli, yakni suci dan bermanfaat. Berdasarkan hal tersebut maka hukum jual belinya adalah mubah.

Kata Kunci: Hukum Islam, Jual beli, Cacing. 


25. Tinjauan hukum Islam terhadap budidaya dan jual beli cacing adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 25. Tinjauan hukum Islam terhadap budidaya dan jual beli cacing




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



25. Tinjauan hukum Islam terhadap budidaya dan jual beli cacing


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "25. Tinjauan hukum Islam terhadap budidaya dan jual beli cacing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi