24. Tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian mudharib wanprestasi di BMT Barokah

ABSTRAK
BMT atau Baitul Maal wat Tamwil adalah lembaga keuangan syari’ah yang  menyalurkan  dana kepada  masyarakat berupa produk pembiayaan, salah satunya adalah pembiayaan mudharabah. Seiring berkembangnya pembiayaan yang tumbuh signifikan pastinya tidak terlepas dari sebuah permasalahan yang harus bisa ditangani dan diselesaikan, seperti ketika terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh mudharib. Penelitian yang berjudul Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyelesaian Mudharib Wanprestasi Di BMT Barokah Desa Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara ini mempunyai rumusan masalah: Bagaimana penyelesaian mudharib wanprestasi di BMT Barokah Desa Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian mudharib wanprestasi di BMT Barokah Desa Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara?
Penelitian  ini  adalah  penelitian  kualitatif  dengan  pendekatan  lapangan (field research), yang menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yakni berupa hasil kutipan-kutipan wawancara dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Adapun sumber data dalam penelitian ini: pengurus serta para staf BMT Barokah Desa Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.
Setelah dilakukan analisis, penelitian ini memberikan temuan antara lain: Pertama, tindakan penanganan yang ditempuh BMT Barokah dalam mengatasi mudharib adalah dengan melakukan hal-hal berikut: (1) melakukan penagihan rutin,(2) penyelamatan pembiayaan dengan 3R (Rescheduling, Reconditioning, Restructuring), (3) menempuh jalur hukum,(4) melakukan penghapusan hutang (write off). Kedua, penyelesaian mudharib wanprestasi yang ada di BMT Barokah sudah sesuai dengan konsep hukum Islam. Karena pihak BMT Barokah lebih mengutamakan penyelesaian dengan cara perdamaian/kekeluargaan (shulhu).



24. Tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian mudharib wanprestasi di BMT Barokah adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 24. Tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian mudharib wanprestasi di BMT Barokah




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



24. Tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian mudharib wanprestasi di BMT Barokah


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "24. Tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian mudharib wanprestasi di BMT Barokah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi