22. Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal, daerah tersebut mayoritas penduduknya berpencaharian sebagai nelayan. Keadaan geografis dan budaya setempat menjadikan masyarakat Desa Wonorejo ini cocok untuk dijadikan lahan usaha ikan bandeng, hasil dari ikan bandeng ini sudah memenuhi untuk mengeluarkan zakatnya tetapi petani ikan bandeng yang mengeluarkan zakat hanya sebagian saja itupun dengan seenaknya sendiri tanpa tahu waktu dan ketentuan yang harus dikeluarkan. Dalam mengeluarkan zakat ikan bandeng diberlakukan nishab sebagaimana zakat tanaman dan buah-buahan tanpa menunggu satu tahun (haul), hal ini membuat penulis tertarik untuk menelitinya.
Pokok permasalahan skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan zakat hasil tambak di Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal? Dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang zakat hasil tambak di Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif (field research). Obyek penelitian tambak ikan bandeng. Sumber data terdiri dari data primer data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi. Analisis datanya menggunakan metode analisa kualitatif yang bersifat deskriptif.
Hasil penelitian ini berdasarkan analisis pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal yaitu pertama, bahwa petani ikan bandeng membayar zakatnya berbeda-beda yaitu ada yang setelah panen dan ada yang setahun sekali, hal ini disebabkan oleh masyarakatnya yang kurang mengetahui tentang pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng sehingga sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat dalam mengeluarkan zakat menurut pengetahuan yang mereka ketahui. Kedua, yang sesuai  dengan  hukum  Islam  dari  zakat  hasil  tambak  ikan  bandeng  harus disamakan dengan pengeluaran zakat pertanian yaitu dikeluarkan pada setiap kali panen dan dengan kadar 5% yang pengairannya dengan cara disiram (ada biaya tambahan),  karena  tambak  ikan  bandeng  tidak  ada  yang  menggunakan  tadah hujan.

Kata Kunci: ikan bandeng, pertanian, kadar zakat.
File Selengkapnya.....


22. Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 22. Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



22. Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "22. Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi