174. Penerapan Pendidikan Karakter Di Tk

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan pendidikan karakter di TK Model Sleman Yogyakarta. TK Model dipilih karena menurut wawancara dengan pihak guru TK tersebut telah melaksanakan pendidikan karakter. Pendidikan karakter di TK Model sudah berlangsung sejak pertama kali TK tersebut mulai beroperasional yaitu tahun 2008/2009. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi
sumber dan teknik. 
Hasil penelitian meliputi: 1) Alasan TK Model melaksanakan pendidikan karakter adalah sekolah tidak hanya menginginkan anak cerdas pada kognitifnya saja namun juga berkembang pada sisi kepribadiannya; 2) Nilai-nilai yang ditanamkan di TK Model yaitu: (a) disiplin, (b) tanggung jawab, (c) tertib, (d) religius, (e) toleransi, (d) budaya antri, (e) sopan santun, (f) mandiri, (g) menghargai, (h) percaya diri, (i) patuh, (j) kepemimpinan, (k) jujur, (l) empati, (m) tolong-menolong, dan (n) kasih sayang; 3) Proses penanaman nilai-nilai karakter dilakukan melalui program-program sekolah; 4) Pihak-pihak yang berperan dalam pendidikan karater di TK Model meliputi kepala sekolah, guru, orang tua, dan anak; 5) Faktor pendukung pendidikan karakter di TK Model meliputi: guru yang memiliki kompetensi, guru yang berkomitmen dalam pelaksanaan pendidikan karakter, orang tua yang ikut berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter; 6) Faktor penghambat pendidikan karakter di TK model meliputi: sebagian kecil orang tua masih ada yang menyerahkan pendidikan anak kepada sekolah, ketidakkonsistenan sebagian orang tua dalam pembiasaan kepada anak untuk berperilaku baik.
  
Kata kunci: pendidikan karakter, anak


174. Penerapan Pendidikan Karakter Di Tk adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 174. Penerapan Pendidikan Karakter Di Tk




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



174. Penerapan Pendidikan Karakter Di Tk


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "174. Penerapan Pendidikan Karakter Di Tk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi