153. Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Alam

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam di Kelompok A TK ABA Dekso, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak usia TK A yang masih kesulitan dalam mengenal pola.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis & Taggart dan dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua anak Kelompok A TK ABA Dekso yang berjumlah 26 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal pola melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase pada setiap indikator yang dinilai. Pada indikator memperkirakan urutan berikutnya pola (ABAB) berdasarkan: a) kriteria warna pra siklus adalah 44,56%, Siklus I 86,95%, dan Siklus II 95,45%, b) kriteria bentuk pra siklus adalah 46%, Siklus I 89,77%, dan Siklus II 98,5%, c) kriteria ukuran pra siklus adalah 41%, Siklus I 75%, dan Siklus II 91,67%. Pada indikator memperkirakan urutan berikutnya pola (ABCABC) berdasarkan: a) kriteria warna pra siklus adalah 39,13%, Siklus I 59,09%, dan Siklus II 89,13%, b) kriteria bentuk pra siklus adalah 41,30%, Siklus I 62,5%, dan Siklus II 90,27%, c) kriteria ukuran pra siklus adalah 36,45%, Siklus I 55,43%, dan Siklus II 88,15%. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran sebagai berikut: peneliti mempersiapkan alat dan bahan meronce. Selanjutnya, guru mendemonstrasikan kegiatan meronce dengan cara mengelompokkan bahan alam sesuai kriteria yang sama, kemudian bahan alam dironce berdasarkan urutan pola tertentu. Dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola Kelompok A TK ABA Dekso.
Kata kunci: mengenal pola, meronce bahan alam, anak kelompok A.


153. Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Alam adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 153. Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Alam




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



153. Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Alam


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "153. Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi