148. Studi Eksperimental Reduksi Kebisingan Menggunakan Reactive Muffler pada Pesawat Tanpa Awak

ABSTRAK
Pesawat tanpa awak merupakan jenis pesawat dengan kontrol jarak jauh tanpa adanya awak didalam pesawat. Dalam menjalankan fungsinya, pesawat tanpa awak diharapkan mampu beroperasi sesenyap mungkin. Dengan penggerak utama pesawat tanpa awak merupakan mesin Internal Combustion, sumber kebisingan tertinggi berada pada exhaust. Sehingga diperlukan kajian untuk mereduksi kebisingan yang dilakukan pada pesawat tanpa awak NVC USU (Noise and Vibration Control Universitas Sumatera Utara) dengan mesin penggerak utama DLE 30 engine. Dalam penelitian ini digunakan  reactive muffler sebagai alat reduksi kebisingan pada exhaust yang memanfaatkan refleksi suara dengan adanya perbedaan karakteristik impedansi yang masuk ke dalam muffler sehingga terjadi tekanan suara bolak - balik dalam resonator chamber yang mengakibatkan adanya pelemahan gelombang suara. Perancangan reactive muffler merujuk pada ASHRAE (American Society of Heating, Refrigerating and Air-Conditioning Engineers) Technical Committee tentang desain muffler dengan mengambil tingkat reduksi kebisingan pada Super Critical Grade. Alat reduksi kebisingan ini kemudian dilakukan pengujian kebisingan merujuk pada standar ISO 5130 tentang pengujian kebisingan free field kondisi stasioner. Pengujian kebisingan dilakukan dengan variasi jarak 1 meter, 3 meter, dan 5 meter dari sumber kebisingan dan variasi jumlah putaran mesin 2000 Rpm, 3000 Rpm, 4000 Rpm, 5000 Rpm, 6000 Rpm dengan asumsi kebisingan keseluruhan pesawat tanpa awak NVC USU. Variabel terikat saat dilakukan pengujian kebisingan adalah suhu lingkungan 25 C dan kebisingan lingkungan 51 dB. Pengujian dilakukan terlebih dahulu dengan menggunakan exhaust pabrikan dan kemudian dengan cara yang sama dilakukan pengujian kebisingan dengan menggunakan alat reduksi kebisingan berupa reactive muffler hasil rancangan. Dari hasil pengujian kebisingan tersebut didapatkan laju reduksi kebisingan (noise reduktion rate, NRR) mencapai 13,48 dB pada putaran mesin 2000 Rpm dengan jarak pengukuran kebisingan 5 meter dari sumber suara.

Kata Kunci : Gelombang Bunyi, Reduksi Kebisingan, Pesawat Tanpa Awak, Exhaust, Reactive Muffler 
File Selengkapnya.....


148. Studi Eksperimental Reduksi Kebisingan Menggunakan Reactive Muffler pada Pesawat Tanpa Awak adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 148. Studi Eksperimental Reduksi Kebisingan Menggunakan Reactive Muffler pada Pesawat Tanpa Awak




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



148. Studi Eksperimental Reduksi Kebisingan Menggunakan Reactive Muffler pada Pesawat Tanpa Awak


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "148. Studi Eksperimental Reduksi Kebisingan Menggunakan Reactive Muffler pada Pesawat Tanpa Awak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi