15. Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Atau Computer Based Test (Cbt)Di Sma

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan ujian nasional  berbasis komputer  atau  Computer  Based  Test  (CBT)  di  SMA  N  1 Wonosari yang ditinjau dari sumber daya manusia, infrastruktur, peserta didik serta metode pelaksanaannya. (2) hambatan pelaksanaaan UN CBT di SMA N 1 Wonosari.
Penelitian   ini   merupakan   penelitian   deskriptif   dengan   pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah proktor SMA N 1 Wonosari, Kepala TIM UN Disdipora DIY dan Kepala Seksi Kurikulum Disdikpora Gunungkidul. Lokasi penelitian   di   SMA   N   1   Wonosari,   DISDIKPORA Provinsi   DIY   dan DISDIKPORA Kabupaten Gunungkidul. Metode pengumpulan data dengan wawancara,  observasi  dan  studi  dokumentasi.  Uji  keabsahan  data  dilakukan dengan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) implementasi ujian nasional  berbasis komputer  atau  Computer  Based  Test  (CBT)  di  SMA  N  1 Wonosari secara rinci antara lain: (a) tahap persiapan meliputi kegiatan sosialisasi UN   CBT,   pendataan   sekolah,   verifikasi infrastruktur,   penetapan   sekolah, penetapan jadwal UN CBT, (2) tahap pengelolaan yang dilakukan meliputi kegiatan pengelolaan personalia UN CBT di SMA N 1 Wonosari, pengelolaan sarana dan prasarana UN CBT di SMA N 1 Wonosari, pengelolaan peserta didik UN   CBT   di   SMA   N   1 Wonosari   dan   pengelolaan   sistem   UN   CBT. (c) tahap pelaksanaan yang dilakukan meliputi kegiatan pelaksanaan pra ujian, pelaksanaan ujian resmi dan pengolahan hasil pengerjaan siswa. (2) hambatan pelaksanaan UN CBT di SMA N 1 Wonosari ada 2 kelompok yaitu hambatan teknis dan non teknis. Hambatan teknis antara lain terjadi pemadaman listrik, kekurangan ruang untuk ruang server sekolah, spesifikasi komputer server sekolah tidak sesuai dengan kriteria persyaratan UN CBT dan siswa yang mengikuti ujian susulan. Hambatan non teknis adalah mental peserta didik yang terganggu karena dijadikan bahan ujicoba dalam pelaksanaan UN CBT pada tahun 2015. Tindakan pemecahan masalah teknis sebagai berikut: (a) menyediakan suplai daya listrik cadangan  yang berasal  dari  UPS,  (b)  perombakan  ruang  baca  perpustakaan menjadi ruang khusus untuk server sekolah, (c) melakukan pengadaan dan perbaikan pada perangkat hardware komputer server yang kurang sesuai dengan kriteria persyaratan, (d) mendaftarkan untuk mengikuti ujian susulan UN CBT. Tindakan pemecahan masalah non teknis adalah melakukan pembinaan rutin dengan mengadakan latihan UN CBT pada siswa.

Kata kunci : ujian nasional berbasis komputer, implementasi 
File Selengkapnya.....


15. Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Atau Computer Based Test (Cbt)Di Sma adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 15. Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Atau Computer Based Test (Cbt)Di Sma




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



15. Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Atau Computer Based Test (Cbt)Di Sma


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "15. Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Atau Computer Based Test (Cbt)Di Sma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi