31. Kinerja Konselor Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Di Sma Negeri Se-Kabupaten Batang

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan berdasar pada fenomena di sekolah yaitu kinerja guru   bimbingan konseling   yang   belum   optimal.Pelayanan   bimbingan   dan konseling   format   kelompok   dan format   individu   kurang   berjalan   dengan maksimal. Selain itu adanya penyusunan program yang tidak berdasarkan atas hasil need assessment menunjukkan implementasi aplikasi instrumentasi dan himpunan data kurang optimal dilakukan. Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi kinerja konselor ditinjau dari kompetensi professional di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru bimbingan  konseling di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang dengan jumlah 25 orang guru bimbingan konseling. Oleh karena subyeknya kurang dari 100, sehingga penelitian ini menggunakan  sampel  jenuh.Instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini adalah angket.Angket  yang  digunakan  menggunakan  model  skala  Likert.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil analisis deskriptif persentase diperoleh data kinerja konselor ditinjau dari  kompetensi professional  di  SMA  Negeri  Se-Kabupaten  Batangtergolong tinggi  (83,1%).  Rata-rata pencapaian  persentase  pada  tiap  komponen  juga termasuk dalam kriteria tinggi yaitu menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli (82%); menguasai kerangka teoritik dan praksis bimbingan dan konseling (86%); merancang program bimbingan dan konseling (86%); mengimplementasikan program bimbingan dan konseling yang komprehensif (83%); menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling (74,5%); memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional (83%).
Simpulan penelitian ini yakni konselor SMA Negeri Se-Kabupaten Batang telah dapat menguasai dan mengaplikasikan kompetensi profesionalnya dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling dengan kriteria tinggi.Adapun saran yang diajukan kepada guru bimbingan konseling untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya dan kepada pihak sekolah untuk memfasilitasi dan mendorong   guru   dalam   upaya   meningkatkan   kualitas   kinerjanya   dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling.

Kata kunci: kompetensi professional, guru bimbingan dan konseling, konselor.
File Selengkapnya.....


31. Kinerja Konselor Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Di Sma Negeri Se-Kabupaten Batang adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 31. Kinerja Konselor Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Di Sma Negeri Se-Kabupaten Batang




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



31. Kinerja Konselor Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Di Sma Negeri Se-Kabupaten Batang


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "31. Kinerja Konselor Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Di Sma Negeri Se-Kabupaten Batang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi