30. Keefektifan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas 9 Smp N

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas 9 SMP Negeri 1 Bonang Demak yang menunjukkan tingkat pemahaman kesehatan reproduksi siswa yang sedang, dengan indikator kebersihan organ-organ genital, akses  terhadap  pendidikan  kesehatan,  hubungan  seksual pranikah, penyalahgunaan NAPZA, pengaruh media massa, akses terhadap pelayanan kesehatan reproduksi, hubungan harmonis dengan keluarga, penyakit menular seksual. Rumusan masalah yaitu Apakah layanan informasi dapat meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Bonang Demak. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang pemahaman kesehatan reproduksi melalui layanan informasi.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subyek penelitian adalah kelas 9C. Metode pengumpulan data menggunakan skala Psikologis pemahaman kesehatan reproduksi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif prosentase dan uji beda ( t-test).
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap pemahaman kesehatan reproduksi. Tingkat pemahaman kesehatan reproduksi siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan informasi berada pada kriteria sedang (65,44%), dengan analisis persentase rata-rata per indikator masuk dalam kategori sedang (66,60%). Setelah diberi perlakuan berupa layanan informasi, pemahaman kesehatan reproduksi  siswa  masuk  dalam  kategori  tinggi  (78,04%),  dengan analisis persentase rata-rata per indikator masuk dalam kategori tinggi (78,25%). Hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai thitung = 10,027 dan ttabel = 2,042, jadi nilai thitung    >   ttabel.   Dengan   demikian,   pemahaman kesehatan reproduksi   siswa meningkat melalui layanan informasi. Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman kesehatan reproduksi siswa sebelum diberikan layanan informasi masuk dalam kategori sedang karena siswa belum memahami indikator-indikator pemahaman  kesehatan reproduksi, pemahaman  kesehatan   reproduksi   siswa setelah diberikan informasi masuk dalam kategori tinggi dan ada pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman kesehatan reproduksi siswa. Bagi guru bk agar memanfaatkan  layanan  informasi  dengan  cara  menyampaikan  materi  dengan kreatif dan menarik seperti menayangkan video digunakan oleh guru BK untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperkuat penelitian ini, agar dapat melakukan penelitian dengan tema yang berbeda. Dapat pula digunakan sebagai acuan penelitian lanjutan.

Kata kunci: Pemahaman kesehatan reproduksi, layanan informasi.
File Selengkapnya.....


30. Keefektifan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas 9 Smp N adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 30. Keefektifan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas 9 Smp N




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



30. Keefektifan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas 9 Smp N


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "30. Keefektifan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas 9 Smp N"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi