25. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Motivasi Belajar Siswa

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ditemukan di kelas VIII SMP  Negeri 1 Sirampog  yang menunjukkan  kurangnya motivasi  belajar siswa underachiever, dimana siswa memiliki IQ atau potensi yang tinggi namun nilai yang diperoleh dibawah nilai KKM. Data ini diperkuat dengan hasil wawancara pada guru BK, dimana siswa yang sering melamun, bermain handphone, atau berbicara sendiri dengan temannya sehingga tidak mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Tidak hanya itu, mereka juga terlihat malas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan sering tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau cenderung mencontek PR milik temannya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok teknik modeling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa underachiever. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling terhadap motivasi belajar siswa underachiever.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sirampog yang berjumlah 97 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sejumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis berupa skala motivasi. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif presentase dan uji wilcoxon pairs match.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan  layanan bimbingan  kelompok  teknik  modeling  termasuk  kategori sedang dengan presentase rata-rata sebesar 62%. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 85% sehingga terjadi peningkatan sebesar 23%. Selain itu diperoleh data melalui uji wilcoxon pairs match dengan n=10 taraf signifikansi 5% didapatkan Thitung; Ttabel (55 ; 8) atau Ha diterima dan Ho ditolak.
Simpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok teknik modeling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa underachiever pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sirampog Brebes tahun ajaran 2015/2016. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK mau memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan sebaik-baiknya untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya siswa underachiever.

Kata kunci: motivasi belajar siswa underachiever; bimbingan kelompok teknik modeling.
File Selengkapnya.....


25. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Motivasi Belajar Siswa adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 25. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Motivasi Belajar Siswa




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



25. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Motivasi Belajar Siswa


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "25. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Motivasi Belajar Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi