212. Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Minat Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri

ABSTRAK

Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih menggunakan metode konvensional sehingga minat dan kemampuan siswa belum optimal. Minat sangat penting bagi siswa untuk menumbuhkan semangat dan kemauan untuk belajar, begitu juga dengan kemampuan siswa dalam matematika, salah satunya  yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode Guided Discovery Learning dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran alternatif untuk mengoptimalkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Guided Discovery Learning dan mengetahui ada tidaknya perbedaan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan pecahan, antara pembelajaran yang menggunakan metode Guided Discovery Learning, dan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design.  Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Debong Kidul Kota Tegal. Populasi yang digunakan sebanyak 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga semua populasi dilibatkan untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas data, selanjutnya analisis akhir menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai indeks minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,64 termasuk ketegori sedang, kelas kontrol sebesar 70,30 termasuk kategori rendah. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen sebesar 76,42 termasuk kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol sebesar 68,67 termasuk kategori baik. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (5,311 > 1,994), dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan thitung  > ttabel  (5,289 > 1,994). Hasil uji keefektifan metode Guided Discovery Learning terhadap minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (6,537 > 2,030), selanjutnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan thitung  > ttabel  (3,623 > 2,030). Jadi dapat disimpulkan bahwa, metode Guided Discovery Learning efektif terhadap minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Kata Kunci: guided discovery learning; kemampuan pemecahan masalah matematika; minat belajar.
File Selengkapnya.....


212. Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Minat Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 212. Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Minat Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



212. Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Minat Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "212. Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Minat Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi