210. Keefektifan Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Kresno

ABSTRAK

Berdasarkan hasil refleksi bersama guru ditemukan masalah mengenai rendahnya hasil belajar matematika di SD Gugus Kresno Kecamatan Jati Kudus. Hal ini disebabkan karena ada guru yang menggunakan model pembelajaran mirip dengan sintaks model TPS, namun pelaksanaan diskusi belum optimal. Rumusan masalah  dalam  penelitian  ini  adalah:  Apakah  pembelajaran  matematika siswa kelas V SD Gugus Kresno Kecamatan Jati Kudus dengan model TAI lebih efektif daripada model TPS?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model TAI daripada model TPS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Kresno Kecamatan Jati Kudus.
Jenis  penelitian   yang   digunakan  adalah   Quasi-Experimental  dengan bentuk Nonequivalent Control  Group  Design.  Populasi  dalam  penelitian  ini adalah semua siswa kelas V SD Gugus Kresno Kecamatan Jati Kudus  tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan SD 1 Pasuruhan Lor sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model TAI dan SD 2 Ploso sebagai kelas kontrol sebanyak 19 siswa menerapkan model TPS. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes yang berbentuk pilihan ganda.
Hasil penelitian menggunakan data nilai tes awal dan tes akhir menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu 80,56 dan 77,24. Keefektifan model TAI didasarkan pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t satu pihak kanan. Berdasarkan analisis uji t didapatkan thitung = 3,35 dan ttabel = 2,042, didukung menggunakan nilai gain diperoleh thitung  sebesar 3,39 lebih besar dibandingkan ttabel  sebesar 2,042 serta menggunakan nilai N-Gain diperoleh thitung sebesar 4,343 lebih besar dibandingkan ttabel  sebesar 2,042 Ha  diterima dan Ho  ditolak, maka hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model TAI lebih efektif dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan model TPS. Dari hasil uji keefektifan, rata-rata gain pada kelas eksperimen 27,27 dan pada kelas kontrol rata-rata gain sebesar 18,94 serta rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen 0,61 dan pada kelas kontrol rata-rata N-Gain sebesar 0,44 sehingga peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dikategorikan sedang.
Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar matematika dengan model TAI dan   model   TPS mencapai   ketuntasan   belajar   serta   hasil   belajar   siswa menggunakan model TAI lebih efektif daripada menggunakan model TPS. Saran bagi guru yaitu hendaknya menggunakan model TAI pada pembelajaran matematika sehingga dapperoleh hasil belajar yang optimal.

Kata kunci : Model TAI; Hasil Belajar Matematika.
File Selengkapnya.....


210. Keefektifan Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Kresno adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 210. Keefektifan Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Kresno




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



210. Keefektifan Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Kresno


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "210. Keefektifan Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Kresno"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi