208. Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Model Complete And Concept Sentence Berbantuan Media Flashcard Pada Siswa Kelas Iv-B Sdn Wonosari

ABSTRAK

Keterampilan  menulis  merupakan  keterampilan  yang  termasuk  dalam empat keterampilan berbahasa. Sesuai KD bahasa Indonesia menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.) termasuk dalam materi pelajaran bahasa Indonesia kelas IV semester II. Hasil refleksi dan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa siswa belum berani ikut berpatisipasi aktif dalam pembelajaran dan dari  39 siswa hanya 2 siswa  yang dapat menulis karangan deskripsi menggunakan ejaan huruf kapital. Untuk mengatasi masalah tersebut maka  diterapkanlah  model  complete  and  concept  sentence  (CCS) berbantuan media flashcard pada pembelajaran keterampilan menulis. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis deskripsi melalui model CCS berbantuan media  flashcard  pada siswa kelas IV-B SD Negeri Wonosari 02 Semarang.
Jenis penelitian  menggunakan  penelitian  tindakan  kelas  yang  terdiri atas   dua   siklus.   Tahapan   tiap   siklus   meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-B SD Negeri Wonosari 02 Semarang.   Teknik   pengumpulan   data   yang   digunakan adalah  tes  dan  nontes.  Analisis  data  menggunakan analisis  statistik  deskriptif dan deskriprif  kualitatif.
Hasil  penelitian  menunjukkan:  (1) aktivitas  siswa  mencapai  kategori sangat aktif   dan dinyatakan berhasil;   (2)   keterampilan   menulis   deskripsi menggunakan ejaan huruf kapital pada siklus  I mencapai  ketuntasan  klasikal 60  % dan siklus  II meningkat  menjadi  82%. Penelitian   ini menyimpulkan bahwa model CCS berbantuan media flashcard dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis deskripsi menggunakaan ejaan huruf kapital pada siswa kelas IV-B SD Negeri Wonosari 02 Semarang. Saran untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi menggunakan ejaan huruf kapital yaitu sebaiknya siswa diberikan media yang dapat membuat siswa fokus dan tertarik untuk membuat karangan deskripsi.

Kata kunci: CCS; deskripsi; flashcar;, kapital; menulis.
File Selengkapnya.....


208. Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Model Complete And Concept Sentence Berbantuan Media Flashcard Pada Siswa Kelas Iv-B Sdn Wonosari adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 208. Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Model Complete And Concept Sentence Berbantuan Media Flashcard Pada Siswa Kelas Iv-B Sdn Wonosari




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



208. Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Model Complete And Concept Sentence Berbantuan Media Flashcard Pada Siswa Kelas Iv-B Sdn Wonosari


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "208. Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Model Complete And Concept Sentence Berbantuan Media Flashcard Pada Siswa Kelas Iv-B Sdn Wonosari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi