19. Pemahaman Guru Bk Tentang Layanan Bimbingan Dan Konseling (BK) Format Klasikal Di Smp Se-Kota Semarang

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan  bahwa masih  ada guru  BK  yang melaksanakan  layanan  penguasaan konten seperti layanan informasi, sehingga tidak ada beda antara satu layanan dengan  layanan  lain.  Setiap  layanan  mempunyai tujuan  dan  fungsi masing  – masing sehingga bila pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling format klasikal tidak ada beda dengan layanan lainya maka tujuan dari layanan tidak akan tercapai dengan maksimal. Salah satu penyebab dari fenomena tersebut adalah kurangnya pemahaman guru BK tentang layanan BK format klasikal yang mengakibatkan dalam melaksanakan layanan tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemahaman guru BK tentang layanan BK format klasikal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru BK di SMP Negeri Se-Kota Semarang yang berjumlah 139 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Proportional Random Sampling   dan   diperoleh   sampel   penelitian   sejumlah   40   guru. Metode pengumpulan  data  dengan  menggunakan  instrument  tes  pemahaman  guru BK tentang layanan BK format klasikal.
Hasil dari penelitian menunjukan rata – rata pemahaman guru BK tentang layanan  BK format klasikal  berada  pada  kategori  rendah  dengan  persentase 61,52%. Hasil pemahaman layanan orientasi sebesar 63,51% dengan kategori rendah, pemahaman layanan informasi sebesar 62,33% dengan krieteria rendah, pemahaman layanan penguasaan konten sebesar 62,12% dengan kategori rendah, sedangkan untuk pemahaman layanan penguasaan konten sebesar 58,13% dengan kategori rendah. Pemahaman guru BK dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara  lain  latarbelakang pendidikan,  pengalaman  menjadi  guru  BK,  keikut sertaan dalam MGBK, dan kesadaran guru BK akan pentingnya layanan BK.
Simpulan dari penelitian ini ialah pemahaman guru BK tentang layanan BK format klasikal berada pada kategori rendah. Sehubungan dengan hasil penelitian ini guru BK hendaknya senantiasa meningkatkan pemahaan dan kemampuannya dalam memberikan layanan, khususnya layanan BK format klasikal. Pemahaman yang baik akan membantu dalam memberikan layanan kepada siswa, sehingga tujuan dan fungsi dari setiap layanan akan tercapai dengan maksimal.  Guru  BK  juga harus selalu  update  dengan    teknologi  yang  ada sehingga dalam memberikan layanan akan semakin menarik.

Kata Kunci : pemahaman guru BK, layanan bimbingan dan konseling format klasikal,
File Selengkapnya.....


19. Pemahaman Guru Bk Tentang Layanan Bimbingan Dan Konseling (BK) Format Klasikal Di Smp Se-Kota Semarang adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 19. Pemahaman Guru Bk Tentang Layanan Bimbingan Dan Konseling (BK) Format Klasikal Di Smp Se-Kota Semarang




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



19. Pemahaman Guru Bk Tentang Layanan Bimbingan Dan Konseling (BK) Format Klasikal Di Smp Se-Kota Semarang


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "19. Pemahaman Guru Bk Tentang Layanan Bimbingan Dan Konseling (BK) Format Klasikal Di Smp Se-Kota Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi